Rabu, 16 Desember 2009

LASKAR PELANGI




TENTANG NOVEL

Laskar Pelangi adalah sebuah tetralogi karya penulis muda Andrea Hirata. ANDREA HIRATA merupakan tokoh nyata pemimpi keras kepala itu adalah sarjana ekonomi UI yang menggemari sains dan bertualang menjadi turis "backpacker" keliling dunia.

Latar belakang masa kecilnya adalah anak seorang pegawai PN Timah yang terpencil di Pulau Belitung.
Tapi ia berhasil menyelesaikan kuliah hingga S-2, dari Universitas terkemuka di Eropa, SORBONNE UNIVERSITY PARIS !
Buku ini mengambil latar kehidupan masyarakat Belitung di masa kini, yang tetap hidup dengan segala keterbatasan yang masih tradisional.

Hampir sebagian besar novel ini dituturkan dalam sudut pandang orang pertama, dengan Ikal sebagai tokoh utama. Cerita berkisar seputar kehidupan ikal dan kesembilan orang temannya dari mulai masuk SD hingga tumbuh dewasa. Anak-anak SD Muhamaddiyah inilah yang menamakan dirinya sebagai Laskar Pelangi.

TOKOH-TOKOH di DALAM NOVEL

Selain Ikal, tokoh utama kisah ini di antaranya adalah Lintang (Anak yang sangat jenius), Mahar (pemilik bakat seni yang hebat), Trapani (anak yang berwajah tampan), Harun (anak dengan keterbelakangan mental), A Kiong (seorang keturunan Cina miskin),Samson,Syahdan,Kucai,Sahara,sertaFloriana/Flo(seorang anak perempuan tomboi yang akhirnya tobat)

ISI NOVEL
Dikisahkan, anak-anak LP hidup di kondisi yang dapat dibilang kurang layak. Tetapi dari situ, pada setiap anak memiliki kelebihan masing-masing. Lintang misalnya, teman sebangku si Ikal, ia berasal dari keluarga nelayan yang miskin, terpencil. Dari rumahnya sampai sekolah, ia harus mengayuh sepeda orang dewasa sejauh 80 Km, belum lagi apabila musim hujan atau hadangan buaya dalam perjalanan berangkat ke sekolah. Dan hebatnya lagi, ia tidak pernah tidak masuk sekolah. Walaupun begitu, Lintang ini memiliki otak yang luar biasa genius asli didikan alam. Pernah suatu ketika di lomba cerdas cermat ia mendebat seorang guru fisika ternama tentang salah satu soal dari lomba tersebut. Dan akhirnya ia memenangkan perdebatan itu, sang guru kalah telak.
Lalu ada lagi Mahar. Bakat seninya luar biasa. Dialah yang berhasil mengantarkan teman-teman dan nama sekolahnya menjurarai lomba karnaval 17 Agustus, mematahkan rekor sekolah besar yang sudah 20 tahun berturut-turut menang. Tapi sayangnya ia keblinger akan hal-hal yang berbau mistik, paranormal, klenik, dan segala hal yang berhubungan tentangnya. Apalagi setelah datangnya anggota baru LP, seorang gadis manis bernama Flo, yang sama seperti Mahar, menyukai hal-hal klenik. Maka lengkaplah jadinya.
Ikal sendiri tidak terlalu menonjol, tapi ia memiliki prestasi di bidang olahraga bulutangkis. Banyak prestasi yang telah ia miliki di bidang tersebut. Selain itu ia juga pandai menulis puisi.
Dari keseluruhan cerita, yang aku suka adalah ketika si Ikal menemukan cinta pertamanya di sebuah toko kelontong. Aku beberapa kali tertawa membaca cerita di bagian ini, seru. Sampai pada akhirnya sang cinta pertama itu pergi meniggalkannya. Tetapi dari perpisahan tersebut, Ikal menemukan seperti suatu semangat baru dalam menjalani hidup, menemukan hal baru sebagai “pelampiasan” yang positif dari keterpurukannya karena ditinggal sang cinta pertamanya. Dan hal itulah yang membuatnya terus bersemangat.
Endingnya juga bagus. Sebagian besar anggota Laskar Pelangi setelah dewasa mereka sudah “jadi orang”. Ada juga yang menikah dengan teman sesama anggota LP(A KIONG&SAHARA). Lucu, tapi sangat menggugah. Disinilah akhirnya, dengan semangat dan usaha yang kuat maka segala apa yang kita ingin capai Insya Allah dapat terwujud.
Namun yang sangat disayangkan adalah cerita dari karakter seorang Lintang seorang anak yang jenius yang tidak dapat melanjutkan cita-citanya dikarenakan kepergian ayahnya yang menyebabkan faktor ekonomi keluarganya tidak dapat terpenuhi lagi,dan sebagai anak tertua,Lintang harus memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dan tidaklah mungkin ia dapat melanjutkan sekolahnya lagi.


KESIMPULAN ISI NOVEL

Pelajaran dari novel Laskar Pelangi ini adalah "BERANI BERMIMPI, KARENA TUHAN SEBENARNYA MENDENGAR MIMPI KITA ITU, HANYA JIKA KITA KONSISTEN MAKA MIMPI ITU AKAN DIWUJUDKAN.... MESKI DALAM WAKTU YANG LAMA, DI TEMPAT YANG TAK TERDUGA DAN MUNGKIN TIDAK DALAM BENTUK YANG PERSIS SAMA".
Dalam tetralogi novel Laskar Pelangi, diajarkan bahwa pemimpi yang teguh pada cita2 nya (keras kepala), yang dulu sering dianggap sinting dan penghayal gak bermutu, malah dijadikan "HERO" dan trend setter dalam kisah ini.
Yang menarik juga Andrea dalam novelnya tidak "sok jago", namun terkadang menertawakan diri sendiri dan teman2 nya yang membuat kita yang membaca jadi menikmati bumbu-bumbu humor yang diselipkannya. Karena terkadang ia menggunakan humor yang cerdas. Kemiskinan ia ceritakan dengan humor dan karya sains dari para ilmuwan terkemuka, seperti teori Relativitas Einstein, Seni Perang nya SUN TZU, teori evolusi Darwin dan Harun Yahya, teori ekonomi nya Adam Smith, Michael Porter, dan John M. Keynes dengan faham Keynesiannya yang terkenal itu. Jadi ada unsur pendidikannya, tanpa membaca karya2 orang2 terkenal itu, dari novel Andrea kita dapat sedikit "gambaran" tentang karya2 ilmiah mereka.

PESAN YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL LASKAR PELANGI
ANUGERAH YANG TIDAK DISADARI
Bagi sebagian orang, ketidaktahuan adalah berkah yang tak terkira.Tetapi Hidup bisa sedemikian bahagia dalam keterbatasan jika dimaknai dengan keikhlasan berkorban untuk sesama
Hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya.Nasib bisa memperlakukan manusia dengan sangat buruk, dan cinta bisa menjadi sedemikian buta.
Sedemikian juga kebodohan yang sering tak disadari, beberapa orang juga tidak menyadari bahwa dirinya telah terpilih, telah ditakdirkan Tuhan untuk ditunangkan dengan iLmu dan Tuhan menakdirkan orang-orang tertentu untuk memiliki hati yang terang agar dapat memberi pencerahan pada sekelilingnya.
CITA CITA ADALAH DOA
Setiap orang, bagaimanpun terbatasnya keadaan, berhak memiliki cita-cita itu mampu menimbulkan prestasi-prestasi lain sebelum cita-cita sesungguhnya tercapai.
Sebuah benda kecil yang tak penting atau suatu kejadian yang sederhana pada masa yang amat lampau dapat saja menjadi sesuatu yang kemudian mempengaruhi kehidupan kita.
Ada orang-orang tertentu yang memendam cinta demikian rapi, bahkan sampai mereka mati, sekerling pun mereka tak pernah memperlihatkan getar hatinya.
Seseorang yang lelah berusaha menunggu takdir akan mengubah nasibnya
Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar